Dari teori menuju aksi.....dari aksi menuju kedamaian sejati...!!!

Minggu, 17 Juli 2011

Islam tanpa embel –embel


abu khalil

Kata orang, islam itu sederhana, islam itu mudah, tapi yang saya lihat bukan kesederhanaan bukan pula kemudahan, melainkan ritual-ritual yang membelit kelapangan kita, mesin uang yang selalu berjalan, barang dagangan yang pasti laku dijual, kemewahan yang semakin memisahkan jurang dalam si miskin dan si kaya.
Kata orang islam itu damai, tapi yang saya lihat adalah peperangan yang selalu di awali dengan pekikan takbir, keegoisan yang selalu menganggap semuanya masuk dalam neraka......

Ahhh.....biarlah apa kata orang, islam itu bukan klaim, dia idealitas yang tak bisa dilihat hanya dengan sebelah mata. Kita pun harus tersadar bahwa keyakinan yang kita miliki bukanlah sekedar sebuah pemikiran layaknya darwinisme atau isme – isme yang lain, islam adalah sebuah keyakinan yang diperintahkan oleh Allah pemilik manusia, ia adalah aksi, ia adalah pernyataan, dan ia adalah keyakinan mendalam serta total.
Mari kita berfikir lebih jernih tentang kehidupan kaitannya dengan apa yang kita yakini. Lihatlah kesamping anda maka akan anda temui mereka yang lemah meminta penghidupan dari anda, dan selalu saja hati kita memaki dan menyalahkannya. Lalu lihat di depan anda akan anda dapati seorang yang mengaku ustadz berpakaian mewah, duduk bersama orang-orang yang mewah, tampil di atas mimbar berceramah tentang kesabaran dan keikhlasan menerima takdir,.......!!!??
Mari sejenak kita merenungi aib diri sebelum mencaci orang lain....kaitannya dengan apa yang kita yakini. Jika kita mengatakan islam itu damai mari kita harus memastikan tetangga kita tidak terganggu dengan apa yang kita lakukan, orang-orang dekat anda tidak tersakiti dengan tingkah laku anda... jika kita mengatakan islam itu mudah mari kita jalankan ritual yang sudah dicontohkan oleh Nabi SAW, karena Beliau tidak akan meninggalkan sebuah kebakan kecuali sudah beliau sampaikan, tidak meninggalkan ritual kecuali sudah beliau ajarkan. Dan itulah islam, ittiba’ bukan ibtida’, mengikuti bukan malah membuat hal-hal ritual yang baru.!!! jika anda mengatakan islam itu sederhana mari kita pastikan tidak ada yang kelaparan disaat kita membeli makan malam direstoran dengan harga diatas seratus ribu !!! kita juga harus memastikan bahwa tidak ada orang-orang yang tertidur tanpa atap disaat kita memiliki rumah yang beratap-atap.....dan jika kita belum bisa memastikan ini semua lalu apakah kita patut menyalahkan orang lain atau bahkan menyalahkan islam itu sendiri?? Seharusnya pembaharuan islam bukan hanya dalam bentuk pemikiran yang hanya akan menimbulkan kontroversi dan menyesatkan umat! Pembaharuan islam saat ini harus dirasakan oleh seluruh lapisan umat. Pembaharuan islam adalah pebaharuan sudut pandang kita tentang islam, bukan merubah isi islam itu sendiri. Pembaharuan islam bukan pula hanya dalam bentuk ilmu yang dihafal, melainkan sebuah gerakan kebangkitan, sebuah aksi penyadaran bahwa seorang muslim tidak tunduk pada keegoan diri dan kelompok, tidak tunduk pada kekuasaan harta dan kedudukan, seorang muslim hanya tunduk pada Allah, bukan kyai, ustad, adat, budaya,......islam adalah islam, bukan liberal, progresif, salafi, ikhwani atau sururi.....islam adalah islam, tanpa perlu embel-embel..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar